SUZUKI SMASH, MENANG MOTOR PLUS AWARD 2008!


Yup..Suzuki Smash memenangkan ajang bergengsi Motor Plus Award 2008 di kelas 100 – 110 cc Teknologi Terbaik. Bangga dong ! Smash memenangkan ajang dua tahunan yang diset bebaregan dengan Jakarta Motorcycle Show. Luar biasa !!!

Sebenarnya apa sish yang istimewa dari Suzuki Smash?

Diprotes temen2..bahasnya motor orang lain mulu? Kapan bahas motor sendiri?

Ini dia momen yang tepat. Meski ada beberapa artikel yang terkait dengan motor harianku. Misalnya penggantian dengan batok lampu Suzuki Smash Limited Edition dari Thailand, kemudian Owie Nurhuda pembalap yang berdomisili di Cileunyi, Bandung dan lahir di kota Sumedang ini mempergunakan Smash 110 untuk menaklukan Asia.

Motor ini sejatinya diposisikan sebagai motor ekonomis Suzuki. Head to head dengan Honda Legenda kala itu. Dengan harga 9 jutaan, masyarakat mendapatkan motor yang benar-benar baru bukan dari hasil downgrade produk yang telah ada. Sama halnya dengan Kawasaki Blitz.

Segala yang bisa ditekan biaya produksinya maka akan dilakukan tanpa mengesampingkan unsure keamanan. Sebut saja material pipa untuk chassis lebih tipis dari Suzuki Shogun 110,namun berkat desainnya menjadikannya lebih kuat. Material knalpot generasi awal tipis sehingga terdengar cempreng.

Motor ini menggantikan posisi Shogun 110 kala Shogun naik kelas ke 125 cc.Arahnya menjadi kurang jelas sebagai motor ekonomis karena fiturnya khas premium sebut saja rem depan cakram kemudian velg palang lima dari Enkei. Pihak PT. Indomobil Niaga International (IMNI) kuatir ada gejala saling memakan diantara produknya. Padahal bila jeli, pangsa pasar keduanya tetap berjalan.

Nah..di pertengahan tahun 2006. Suzuki Smash diperbarui besar-besaran. Tidak hanya dari segi bodi yang makin ciamik. Rangkapun dibenahi.Konstruksi ala Shogun 125 diadopsi. Begitu pula cacat produksi yaitu gigi yang sering ‘nyantol’ dibenahi. Diameter karburator yang semula 17 mm diganti dengan 18 mm, filter udara dimodifikasi strukturnya, begitu pula knalpot dirancang agar lebih baik lagi. Tak heran tenaganya bertambah dari versi sebelumnya.

Disamping itu, misi langit biru pun dipegang teguh oleh pabrikan yang berlogo huruf S besar ini yaitu dengan menyisipkan teknologi PAIR. Sistem PAIR (Pulsed-Secondary Air- Injection System) akan membakar habis campuran bensin dan udara yang belum terbakar dalam exhaust port sehingga mengurangi zat-zat sisa yang berbahaya bagi lingkungan seperti hidrokarbon (HC), nitrogen oksida (Nox), dan karbon monoksida (CO).

Ada lagi, fitur lainnya bagasi kemudian kunci kontak yang dilengkapi dengan magnet. Kalo boleh jujur nih..konsumen dengan membeli produk ini seakan membeli dengan harga ekonomis namun mendapatkan produk premium.Hebat kan? Kedigdayaan di road race sudah terbukti.

Namun sayangnya kurang banyak yang tahu..tak heran agak tertinggal dengan rivalnya..

Yang penting mah..Suzuki Smash-kin Di Depan ! (artikel dari prado.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

se
Template by Taru: Present to S.A.B